Awesome q2a theme
0 votes
imageDasar beton banyak dipilih karena ketahanannya. Jenis lantai tersebut paling banyak digunakan untuk tempat parkir, gudang, pabrik hingga bagian dari kediaman seperti garasi. Beton juga digunakan untuk gedung bertingkat karena susunannya kuat tapi tetap lentur. Namun apakah benar lantai beton hendak bertahan lama dengan baik?

Memang benar jika geladak beton kuat dan tahan lama, asalkan dilapisi secara waterproofing membrane atau macam yang lainnya. Lapisan ini lah yang akan membuat beton pada ruangan apapun jadi lebih tahan lama. Jika bukan lantai akan mudah tua karena berbagai hal. Apa & seperti apakah sistem waterproofing yang harus dibutuhkan untuk lantai beton ini?

Berbagai Sistem Waterproofing Pada Lantai Beton

Lantai beton memiliki pori yang tidak bisa dilihat secara mata telanjang. Pori ini lah yang nantinya akan menyeruput air di udara memproduksi beton mudah rusak seperti berjamur. Disinilah sistem waterproofing diterapkan yaitu untuk mengetuk pori pada beton. Sesudah diterapkan sistem ini, dasar beton pun bisa kian aman bahkan bisa digunakan pada kolam renang.

Pengertian dari waterproofing juga bisa dilihat secara harfiah yang artinya adalah kedap air. Mayoritas sistem yang digunakan merupakan pada bagian luar serta ada berbagai jenisnya. Dibawah ini beberapa jenis sistem waterproofing yang banyak digunakan.

Sistem coating

Jenis yang pertama ini paling sering dimanfaatkan pada lantai di dalam ruangan. Bentuknya adalah cet namun lebih kental. Prosedur mengaplikasikan coating ini redup lebih sama bisa menggunakan kuas atau roller. Coating epoxy adalah lapisan waterproofing yang sering dipilih untuk melapisi lantai. Untuk dampak sempurna sebaiknya serahkan di dalam jasa waterproofing membrane profesional agar lapisan waterproofing bisa bertahan kian lama.

Membrane

Pada jenis yang kedua ini menyimpangkan sering digunakan untuk luar ruangan seperti dak khanah bertingkat. Waterproofing membrane berbentuk lembaran yang proses pemasangannya harus dibakar dengan torch bertekanan tinggi. Proses pemusnahan juga tidak bisa asal-asalan sehingga perlu tenaga ahli khusus untuk menggunakannya. Ada macam-macam jenis membran yang tersedia di pasaran sebagaimana permukaan yang berpasir / halus.

imageFlashband

Ketiga ialah berbentuk lembaran tetapi tidak sama dengan membran. Bedanya ialah proses mengaplikasikannya bisa dengan lem khusus. Ketebalannya pula berbeda, flashband lebih tipis dibandingkan dengan membran oleh sebab itu ketika digunakan bisa dua lembar. Ada dua jenis flashband sesuai dengan bahannya, pertama adalah polyester yang memiliki sistem perekat sinambung. Kedua adalah aluminium foil yang harus direkatkan beserta lem lain.

Waterproofing emas biru

Sistem ini juga acap digunakan pada lantai semen. Bentuknya seperti semen serta banyak disebut sebagai sika. Proses aplikasinya harus begitu beton benar-benar kering dan diaplikasikan seperti plester benteng. Harga waterproofing sika ialah yang paling murah ditambah lagi dengan pengerjaan yang sangat mudah. Namun tetap saja jasa waterproofing dibutuhkan untuk mengaplikasikan dengan betul.

Fungsi dari waterproofing tak hanya sekedar menahan uap atau kelembaban saja. Sesudah mengeras, waterproofing akan mencegah panas dan sinar UV yang membuat beton rusak. Perubahan suhu udara olehkarena itu cuaca pun juga hendak diatasi dengan baik. Tanpa perlindungan waterproofing lantai akan mengalami kerusakan yang kritis seperti retak atau rapuh.
asked Jan 17 by Danuta100931 (100 points)

Your answer

Your name to display (optional):
Privacy: Your email address will only be used for sending these notifications.
Welcome to USguide101, where you can ask questions and receive answers from other members of the community.
2,144,293 questions
311,483 answers
358,499 comments
1,875,060 users