Awesome q2a theme
0 votes
Atap merupakan salah satu potongan terluar dan tertinggi daripada sebuah bangunan, keberadaan genting sangatlah penting karena melindungi rumah sehingga penghuni rumah dan isinya bisa terlindungi dari panas matahari, uap hujan, suhu dingin juga kebisingan. Tanpa keberadaan genting yang baik sebuah gedung bisa dikatakan tidak cukup ditempati.

imageJenis Material Kapa-kapa yang Awet
Sebagai pencedok bangunan kalian harus menyesuaikan bentuk dan material genting dengan desain dan penyediaan bangunan, tentunya kalian tidak mungkin menggunakan material dan bentuk atap bertipe industrial di rumah tinggal pribadi bukan? Nah, berikut ini beberapa saran material atap terawet yang bisa dimanfaatkan di rumah maupun spesies bangunan lain.

Atap daripada tanah liat
Atap tanah liat merupakan atap yang dibuat secara tradisional secara membakar tanah liat yang sudah dibentuk, atap berjenis ini dikenal dengan sebutan genting. Proses pembuatan para-para serupa dengan pembuatan tembikar sehingga genting memiliki keuletan dan daya tahan yang baik dan tidak bakal air yang merembas, walaupun begitu tidak ada salahnya untuk melengkapi pemasangan genting dengan sika waterproofing agar terhindar daripada kebocoran. Keunggulan lainnya dari genting adalah bobotnya yang ringan serta harganya yang relative murah.

Atap dari aspal
Ternyata aspal tidak hanya bisa digunakan untuk konstruksi jalan setapak tetapi pula bisa dimanfaatkan untuk dibuat menjadi atap bangunan, rakitan atap bangunan berbahan aspal yang dicampur dengan materi-materi kimia lainnya ini kian dikenal dengan istilah kapa-kapa bitumen. Atap jenis itu memiliki ketahanan terhadap obor serta kuat dalam menghadapi tekanan angin walaupun begitu atap bitumen cenderung punya harga yang lebih muluk dibandingkan dengan atap spesies lain.

Atap dari semen
Atap Beton yang terdiri dari campuran air, pasir, agregat, dan semen tersebut biasanya digunakan dalam konstruksi yang dirancang untuk mempunyai atap datar. Atap beton memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap beraneka ragam tekanan sehingga kita dapat melakukan beragam aktivitas di atap, tetapi atap dari beton tidak bebas daripada rembesan air dibutuhkan jasa waterproofing membrane bakar untuk memasang tingkatan anti air.

Atap berbahan metal/logam
Atap metal / logam biasanya memiliki sukatan berukuran 60 – 120 cm tergantung dengan mereknya, atap jenis ini sangatlah efisien dalam waktu pemasangan atap dibandingkan dengan memasang atap berjenis genting. Genting logam memiliki keunggulan lain yaitu beratnya yang mudah dan memiliki durabilitas yang tinggi, tetapi ada baiknya tetap memasang sika waterproofing untuk mencegah rembesan air dari celah-celah atap yang terpasang bukan sempurna.

Atap berbahan gawang
Atap kayu atau lebih dikenal dengan genting sirap merupakan atap yang terdiri dari kayu ulin yang berasal dari Pulau Kalimantan, walaupun terbuat dari kayu tetapi kayu ulin terkenal serupa kayu yang memiliki toleransi terhadap perubahan suhu serta cuaca serta beragam penetapan ekstrem, keunggulan lainnya ialah ringan serta mampu memproduksi suhu rumah menjadi dingin. Jika memilih menggunakan atap kayu jangan lupa untuk memanggil jasa waterproofing membrane bakar untuk pemasangannya.

Itulah beberapa saran mengenai material atap yang bisa kalian manfaatkan di rumah pribadi, perdata jangan sampai salah pilih!
asked Jan 17 by KellieCollet (100 points)

Your answer

Your name to display (optional):
Privacy: Your email address will only be used for sending these notifications.
Welcome to USguide101, where you can ask questions and receive answers from other members of the community.
2,024,076 questions
280,575 answers
358,467 comments
1,691,607 users